Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility
17 Sep 2024

Koordinasi dan Konsultasi JDIH Mahkamah Agung

Jakarta – Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Mahkamah Agung yang baru saja mendapatkan JDIHN Awards Terbaik I Kategori Lembaga Negara Tahun 2024 melakukan kunjungan koordinasi dan konsultasi pengelolaan JDIH ke JDIH Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) (17-09-24).

Alasan pelaksanaan koordinasi dan konsultasi ke JDIH Kemenko Marves yaitu JDIH Kemenko Marves merupakan peraih penghargaan JDIHN Awards Terbaik I Kategori Kementerian dan satu-satunya anggota JDIH yang meraih nilai sempurna yaitu 100 (seratus). Selain itu, kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang kerja sama antar anggota JDIH dalam hal pengelolaan putusan.

Selanjutnya, Pengelola JDIH Kemenko Marves menceritakan bagaimana perjalanan JDIH Marves, mulai dari 2016 hingga saat ini. Dimana pada awal berdirinya JDIH, JDIH hanya dikelola dalam bentuk Tim Kerja, selanjutnya pada Tahun 2019 JDIH mulai dikelola secara struktural dengan nama Subbagian Dokumentasi dan Informasi Hukum dan pada tahun selanjutnya JDIH langsung meraih peringkat terbaik 5 Kategori Kementerian pada JDIHN Awards.

Tidak sampai disitu, pengembangan JDIH terus dilakukan, hasilnya pada tahun 2021 untuk pertama kalinya JDIH Kemenko Marves meraih penghargaan Terbaik I Tingkat Kementerian yang dapat dipertahankan hingga Tahun 2022. Namun pada tahun 2023 JDIH Kemenko Marves sempat turun ke peringkat III namun hal tersebut menjadi pemicu pengelola JDIH Kemenko Marves untuk dapat berkinerja lebih baik, hasilnya di tahun selanjutnya yaitu 2024 JDIH Kemenko Marves kembali meraih peringkat I dengan nilai sempurna yaitu 100 (seratus).

Perjalanan JDIH Kemenko Marves tersebut yang akhirnya menjadi suatu pembelajaran untuk para pengelola JDIH Mahkamah Agung yang saat ini tujuannya adalah mempertahankan gelar juara Terbaik I Tingkat Lembaga Negara pada tahun selanjutnya.

Dalam kunjungan ini, JDIH Kemenko Marves juga sempat menyampaikan bagaimana 6 (enam) strategi peningkatan kinerja JDIH Kemenko Marves dilanjutkan dengan peningkatan pengelola organisasi JDIH Kemenko Marves.

Dengan telah dilaksanakannya kunjungan ini, semoga JDIH Mahkamah Agung mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam peningkatan pengelolaan JDIH di lingkungan Mahkamah Agung serta JDIH Mahkamah Agung dan JDIH Kemenko Marves dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih pada tahun 2025.