Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility
11 Sep 2024

Kunjungan JDIH Kota Tangerang Selatan

Jakarta - JDIH Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan koordinasi dan konsultasi terkait pengembangan JDIH ke JDIH Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) (11-09-24) dalam rangka pengembangan dan peningkatan kinerja JDIH Kota Tangsel.

Dalam penilaian pengelolaan kinerja JDIH sebagaimana Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH.3-HN.03.05 Tahun 2024, JDIH Kota Tangsel berada di peringkat 31 dengan nilai 81 pada kategori Kota. JDIH Kota Tangsel berharap dapat masuk dalam peringkat 10 besar pada penilaian tahun depan pada kategori Kota.

Melihat hal tersebut, JDIH Kemenko Marves memberikan sharing session kepada pengelola JDIH Kota Tangsel bagaimana 6 (enam) strategi dalam peningkatan kinerja JDIH Marves, diantaranya yaitu:

1. Pemenuhan Standardisasi

Memenuhi standar pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang telah diatur di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen dan Informasi Hukum.

2. Analisis Kompetitor

Mengidentifikasi keunggulan serta kelemahan pesaing serta mengantisipasi langkah dari pesaing.

3. Diferensiasi Layanan

Bentuk peningkatan pelayanan dan mutu dimana didalamnya terkandung nilai yang berbeda dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

4. Inovasi Layanan

Terobosan jenis pelayanan baik yang merupakan gagasan/ide kreatif original dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

5. Rencana Kinerja

Rencana kinerja memuat kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun berjalan sebagai pedoman dan upaya untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

6. Evaluasi Kinerja

Bekerja sama dengan Pusat JDIHN untuk memberikan evaluasi dalam pengelolaan JDIH pada tahun sebelumnya, sehingga dapat mengetahui kekurangan dalam pengelolaan kinerja yang telah dilakukan serta dapat menindaklanjuti pada sisa bulan di tahun penilaian berjalan.

Dengan 6 (enam) strategi tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan dan dapat diterapkan oleh JDIH Kota Tangsel untuk bisa mencapai hasil yang lebih baik pada penilaian kinerja mendatang.