26 Jun 2024

Perkuat Kerja Sama Sesama Anggota JDIHN, JDIH Kemendag Berkunjung ke JDIH Marves

JDIH Marves – Dalam rangka memperkuat kerja sama sesama anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) terkait dengan pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), JDIH Kementerian Perdagangan berkunjung untuk melakukan sharing session dengan JDIH Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bertempat di Ruang Rapat Biro Hukum Kemenko Marves (24/06/24).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ryan Pasca Pratama selaku Analis Hukum Ahli Muda sekaligus penanggung jawab JDIH Marves. Dalam kesempatan tersebut, Ryan Pasca menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas kunjungan dari JDIH Kementerian Perdagangan yang mempercayai JDIH Marves sebagai salah satu anggota JDIHN yang dikunjungi untuk melakukan sharing session terkait dengan pengembangan JDIH.

Pada kegiatan sharing session tersebut, Ryan Pasca menyampaikan sedikit paparan mengenai sejarah bagaimana JDIH Marves berdiri hingga JDIH Marves dipercaya untuk mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Dalam pengembangan awal JDIH Marves, kami mencoba untuk memenuhi standar pengelolaan JDIH sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2019, setelah semua standar pengelolaan dipenuhi, selanjutnya kami melakukan analisis kompetitor dan diferensiasi layanan dengan anggota JDIH lainnya yang masuk dalam 5 (lima) besar dan yang terakhir adalah melakukan inovasi layanan JDIH Marves” ucap Ryan Pasca.

Selain dari pada itu, Ryan Pasca juga menyampaikan bagaimana evaluasi yang terus dilakukan oleh JDIH Marves bersama JDIH 7 (tujuh) Kementerian/Lembaga yang dikoordinasikan oleh JDIH Kemenko Marves.

“Setelah pelaksanaan JDIHN Awards, JDIH Marves mengadakan kegiatan evaluasi dengan mengundang JDIHN untuk dapat menyampaikan evaluasi pengelolaan JDIH terhadap JDIH Marves dan JDIH 7 (tujuh) K/L yang dikoordinasikan oleh JDIH Marves dan selanjutnya pada awal tahun akan dilaksanakan kembali Rapat Tindak Lanjut Hasil Evaluasi, sehingga kami dan juga JDIH 7 (tujuh) K/L akan berusaha menyelesaikan hasil evaluasi yang diberikan oleh JDIHN dan disampaikan bahwa evaluasi yang diberikan telah diselesaikan” jelas Ryan Pasca.

Pada akhir kegiatan pengelola JDIH Kementerian Perdagangan menyampaikan terima kasih atas sharing session pengelolaan JDIH yang telah diberikan oleh JDIH Marves