Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility
19 Sep 2024

Tingkatkan Inovasi, JDIH Kemenko Marves berkunjung ke JDIH Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang – Dalam rangka memperoleh informasi terkait pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kota Tanjungpinang serta melihat bagaimana implementasi dari inovasi yang telah diciptakan, JDIH Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) berkesempatan berkunjung ke JDIH Kota Tanjungpinang (19-09-24).

JDIH Kemenko Marves diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kota Tanjungpinang serta staf Bagian Hukum. Dalam sambutannya, Sekda Kota Tanjungpinang menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh pengelola JDIH Kemenko Marves, kunjungan ini merupakan kunjungan pertama yang ada di JDIH Kota Tanjungpinang dalam rangka sharing session pengelolaan JDIH.

Dengan pengelolaan yang baik dengan didukung Sumber Daya Manusia yang memadai serta adanya bentuk komitmen pimpinan dalam mendukung pengelolaan JDIH membuat prestasi JDIH Kota Tanjungpinang melesat tajam. JDIH Kota Tanjungpinang sebelumnya pada tahun 2021 hanya mampu menduduki peringkat 51 dengan nilai 70, tahun 2022 peringkat 38 dengan nilai 75, dan di tahun 2023 menduduki peringkat terbaik ke-2 kategori Kota dengan nilai 95.

Dalam pengembangan JDIH, JDIH Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tanjungpinang dalam merealisasikan inovasi yang telah direncanakan sebelumnya dan dapat dikembangkan oleh Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang.

Beragam inovasi telah dilakukan oleh JDIH Kota Tanjungpinang untuk memudahkan masyarakat dalam memahami informasi hukum yang telah dipublikasikan, antara lain yaitu:

  1. JDIH Berbagi Ilmu
  2. Peraturan daerah Beraksara Arab Melayu
  3. JDIH Ramah Difabel
  4. JDIH Menyapa
  5. Majalah JDIH; dan
  6. Artificial Intelligence (AI) Chat

Inovasi AI Chat yang dimiliki oleh JDIH Kota Tanjungpinang adalah salah satu inovasi yang sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi dari suatu dokumen hukum secara cepat, mudah, dan interaktif. AI Chat ini ditanamkan pada website JDIH Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan pihak ke-3 secara gratis dengan keterbatasan 100 (seratus) halaman disetiap bulannya.

JDIH Kemenko Marves sangat tertarik dengan inovasi AI Chat dan berencana mengembangkan JDIH dengan fokus AI, tidak terbatas hanya di AI Chat seperti JDIH Kota Tanjungpinang.

Kunjungan ini diharapkan akan membuka peluang kolaborasi lebih lanjut antara JDIH Kemenko Marves dan JDIH Kota Tanjungpinang serta memperkuat inovasi yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.