Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility
10 Sep 2024

JDIH BNPP Kembali Studi Banding ke JDIH Marves

Jakarta – Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Terbaik I Kategori Lembaga Non Struktural Tahun 2024, JDIH Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kembali melakukan studi banding ke JDIH Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang ke-2 (dua) kalinya dari JDIH BNPP ke JDIH Marves yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2022. Dalam kunjungan kali ini, JDIH BNPP mengucapkan terima kasih atas berbagi pengalaman JDIH Marves kepada JDIH BNPP sehingga menjadi bahan perbaikan dan pengembangan JDIH BNPP dalam melakukan pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum.

Dalam kunjungan JDIH BNPP kali ini untuk berkonsultasi mengenai pengelolaan JDIH khususnya pada aspek inovasi di tahun 2023 serta melakukan diskusi bersama terkait Petunjuk Teknis Penilaian JDIH terbaru yang akan diimplementasikan pada tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, JDIH Marves juga memaparkan apa saja inovasi yang telah dilakukan di tahun 2023, diantaranya yaitu:

  1. Perubahan tampilan website;
  2. Saran pencarian;
  3. Pencarian ke semua file;
  4. Pencarian dapat mendeteksi kesalahan penulisan;
  5. Pencarian dapat menelusuri hingga file pdf;
  6. Pencarian dapat menelusuri hingga gambar atau foto;
  7. Pencarian dapat menggunakan voice recognition;
  8. Kolom pencarian mengikuti pergerakan halaman;
  9. Berita peraturan terbaru;
  10. Integrasi media sosial Instagram pada website JDIH Marves;
  11. Perlindungan dokumen bersifat rahasia; dan
  12. Pemberian penghargaan kepada anggota JDIH.

Dengan telah dilaksanakannya kunjungan ini, diharapkan JDIH BNPP mendapatkan insight terbaru mengenai inovasi yang harus dilakukan serta JDIH BNPP dan JDIH Marves dapat mempertahankan penghargaan di tahun 2025 yang telah diraih di tahun 2024